Sehat Dengan Agri Market di Salman Days Out Picnic

img_5072
Ahad (6/11/2016) di depan gerbang masjid Salman ITB stand Agri Market cukup ramai dikunjungi pengunjung dengan berbagai pilihan sayuran dalam acara Salman Days Out Picnic (Foto : Agiatni N)

oleh : Agiatni N.F.

Bandung, (Klasik Salman)-  Masjid Salman ITB untuk yang kesekian kalinya menyelenggarakan  Salman Days Out Picnic (SaDOP). Tema Sadop pada Ahad (6/11/2016)  ini memiliki tema Agri Market. Seperti yang dikatakan oleh Luki, yang berjualan sayuran organik tanpa pestisida itu, sayuran organik ini bermacam-macam salah satunya Seledri .

Salah satu penyokong dalam Agri Market adalah komunitas Seribu Kebun.  Komunitas tersebut mengeluarkan ekstrak seledri dan mengelola sayurannya secara organik serta  pupuknya pun menggunakan pupuk organik.  Semua tanaman organik  seperti saledri, pagoda, brokoli, strawbery itu sangat mudah dikelola dengan cara cukup dipermentasi dan yang terpenting tanpa pestisida.

Agri Market ini merupakan tempat promosi makanan sehat dan sayuran sehat  yang ditanam di sebuah gunung terletak diwilayah Banjaran. Luki “Jaminan kesehatan untuk kita konsumsipun semakin terjaga karena saya dan anak saya yang menanam dan mengolah sayuran tersebut dengan tangan kami sendiri,” ujarnya.

Salah satu pengunjung sengaja datang ke acara ini untuk mendapatkan beberapa sayuran dan bibit tanaman dari Agri Market seperti brokoli, pagoda, saledri, dan strawbery. Ia memaparkan kegiatan ini bagus dan perlu dikembangkan. “ Harapan saya semoga lebih semarak lagi, lebih banyak lagi pilihan sayuran untuk menambah – nambah pengetahuan,” ujar Marliani (40).

Tristia Riskawati, ketua pelaksana dari SaDOP, menjelaskan bahwa melalui acara ini harapannya masyarakat bisa sadar dan menggerakan masyarakat bahwa kita sedang digempur dengan sayuran – sayuran impor, sayuran – sayuran yang banyak mengandung zat – zat kimia . “Padahal Indonesia punya potensi untuk punya sayuran yang segar, sehat, dan aman. Juga acara ini untuk melestarikan  dan memperjuangkan sesuatu hal yang alami,”katanya.

Acara SaDOP ini biasa diselenggarakan satu bulan sekali pada hari minggu yang berlangsung dari pukul 07.00-12.00 WIB. Perhelatan ini dihadari berbagai lapisan masyaratakat yang datang dari berbagai daerah serta berbagai komunitas.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s