Buat Tas dari T-Shirt a la Bumi Panda

DSC_0174
Seorang anak tengah memotong  baju bekas untuk membuat tas kain saat di acara Salman Days Out Picnic, Ahad (5/6/2016). (foto : Fathia Uqim)

 

Salah satu yang menarik mata saya ketika  masuk ke area Masjid Salman ITB kala itu, Ahad (5/6/2016) adalah  workshop reusable bag yang diikuti oleh siswa-siswi SD. Disana mereka membuat sebuah tas daur ulang dengan memanfaatkan t-shirt yang sudah tidak terpakai. Peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan terlihat antusias mengikuti arahan kakak-kakak dari Bumi Panda.

Diantara peserta workshop tersebut adalah Cinta (6). Ia mengaku sangat tertarik untuk kembali membuat reusable bag dirumah bersama ibu dan adiknya. “Soalnya buatnya mudah dan aku ingin buat lagi,” ujar Cinta.

Kak Ocha, relawan Bumi Panda, menyampaikan bahwa penting untuk mengajak anak sedari dini melakukan hal-hal sederhana yang bermanfaat bagi lingkungan. “Jadi kita harus mengajak adik-adik dan anak-anak kita agar mencintai lingkungan sejak dini,” katanya.

Bumi Panda saat ini tengah fokus pada konservasi lingkungan dan hewan-hewan yang hampir punah. Selain itu juga edukasi pada mayarakat kota lewat Bumi Panda yang berisi kegiatan memberikan informasi-informasi lingkungan. “Kita tidak harus bergabung dengan komunitas cinta lingkungan untuk membuktikan bahwa kita cinta lingkungan, tapi cukup mulai dari hal kecil, hal sederhana dan mulai dari sekarang,” ujarnya.

Sadop dan P3R terintegrasi hari itu dengan menyelenggarakan berbagai acara. Seperti  edukasi flora dan fauna dari Bumi Panda, cek kesehatan kulit gratis, konser music dari Ferry Curtis, Zaky Peniti dan Yansa El-Qarni,  sampai tabligh akbar bersama Syekh Ali Jabber di sore harinya. (Tina R./KJS)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s