Pawai Beraksi, Ramadhan pun Dinanti

foto: Fery A.P.
foto : Fery A.P

oleh : Diki S. 

Ramadhan tiba. Ramadhan tiba…” sepenggal nyanyian dari penyanyi religi Indonesia ini menjadi sebuah teriakan khusus bagi para peserta pawai. Berjajar sekitar 70-80 orang membawa poster terlihat begitu antusias menggemakan sepenggal nyanyian itu. Mereka dipimpin oleh seorang anak muda, dengan sarung hijau dan baju hitamnya ia terlihat sangat bersemangat. Sebut saja Ali Romadhoni (20). Ia adalah ketua dari P3R (Panitia Persiapan Program Ramadhan) Salman, penggagas pawai ini.

Ali sangat antusias dalam menggemakan ramadhan yang tinggal 20 hari lagi ini. “Pawai ini menjawab semua pertanyaan masyarakat yang selalu bertanya ‘Ramadhan kapan?’, ‘Ramadhan berapa hari lagi?’ atau ‘Ramadhan sebentar lagi, ko belum ada keramaian ya?’” katanya saat ditanya mengapa pawai ini digelar, Ahad (15/5/2016).

Ali memilih untuk menggelar pawai ini di sekitaran CFD (Car Free Day) Dago, Bandung. Sebab CFD menjadi pusat keramaian disetiap minggu pagi. Supaya berusaha menjadi pusat perhatian,  Ali dan sekawanan panitia lainnya menyuarakan nyanyian dengan begitu lantang.  Meski begitu, mereka tetap menghargai para pengunjung CFD dengan memberi jalan kepada mereka. Cara seperti itulah yang Ali gunakan dalam pawai ini agar pesan pawai yang ia suarakan tersampaikan.

Selanjtnya, P3R akan menggelar pawai selanjutnya. “Rencananya sampai tiga pawai yang akan kami gelar” ungkapnya. Di pawai selanjutnya ia akan membawa masyarakat. Ia melanjutkan, “Karena pawai pertama ini hanya panitia saja, maka pawai-pawai selanjutnya kami akan membawa masyarakat dan sebagian mahasiswa ITB,”.

Begitu banyak harapan yang ia tanggalkan dalam pawai ini. Bukan hanya tersampainya ingatan akan Ramadhan saja. Tapi, Ali berharap agar masyarakat luas mempersiakan diri menghadapi bulan yang suci ini. Baik itu mempersiapkan mental untuk siap bertahan di bulan yang penuh dengan godaan ini, maupun  mempersiapkan amalan yang harus dilakukan.

“Bukan untuk masyarakat saja, tapi kepada kawan P3R juga agar mereka dapat merasakan begitu indahnya saling mengingatkan,” ujarnya.

Meski pawai ini digelar untuk mengingatkan, Ali mengajak untuk menggandakan niat. Yaitu niat mengingatkan, niat beribadah, niat menolong Agama Allah, dan niat bersilaturahmi. “Insya Allah semua niat itu akan menunjukan kita kepada Surganya Allah” pungkasnya sesaat sebelum ia pergi kembali ke aktivitasnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s