Bisnis Sehat a la Komunitas 1000 Kebun

 

DSC_0233
Salah satu stand jualan dari Komunitas 1000 kebun di Salman Days Out Picnic, Ahad (8/5/2016) di Masjid Salman ITB. (foto : Thoriq I.)

oleh : Thoriq Ibrahim

Pernahkah anda mencicipi makanan-makanan yang ada di gambar di atas? Mungkin tidak terlihat memiliki keistimewaan dibandingkan dengan kebanyakan makanan modern jaman sekarang. Tetapi, hal-hal yang bersifat baik memang sering tidak dapat terlihat oleh kasat mata. Tahukah anda? Makanan-makanan yang dijajakan disini mengandung seribu kebaikan di dalamnya.

Betul, yang anda lihat ini adalah makanan-makanan sehat. Terbuat dari bahan-bahan dasar alami dan berkategori bebas 5P. Yaitu Pengawet, Pewarna, Penyedap, Pemanis, dan Pestisida. Yang paling hebatnya, bahan-bahan dasar pembuatanmakanan-makanan ini dihasilkan oleh para petani lokal di Bandung lho!

Adalah Stand Komunitas 1000 Kebun. Mereka menawarkan jajanan sehat di Salman Days Out Picnic kemarin yang bertemakan Goody Foody, di Masjid Salman ITB pada Minggu (08/5/2016) lalu. Namun, ada hal yang berbeda dari biasanya ketika melihat produk-produk yang dijajakannya.

Salah satu produknya adalah Cistik Sayur. Cistik ini dibuatnya tidak menggunakan air karena katanya, sayur sudah mengandung banyak air.  “Jadi, komposisi bahan-bahan lainnya harus mengikuti komposisi sayurannya,” kata salah satu penjaga stand saat menjelaskan cara membuat Cistik Sayur.

Komunitas ini berusaha membantu mendekatkan para petani dengan para konsumen hasil tani agar timbul keseimbangan permintaan dan persediaan. Selain itu, Komunitas 1000 Kebun juga membantu mengolah hasil pertanian lokal menjadi produk yang bisa dipasarkan lebih luas seperti makanan-makanan di atas.“Selain kita ingin mendorong produsen lokal, kita ingin membantu para petani yang kesulitan memasarkan hasil panen mereka.” ujar Galih Raditya, penggagas Komunitas 1000 Kebun ini.

Berbisnis itu kebutuhan. Namun ketika kita mampu berbisnis dengan jujur, halal, dan baik maka kebaikan pun akan menyertai kita juga para pembeli. Dengan sendirinya, para pedagang jujur dan baik dalam membuat dagangannya, akan diserbu oleh pembeli juga. Sedap! [FT]

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s