Salman Konsisten Terhadap Kesehatan Masyarakat

 

20160508_085129_resized
Suasana pengunjung yang tengah mengecek kesehatannya di area selasar hijau Masjid Salman ITB dalam rangkaian acara Salman Days Out Picnic, Ahad (8/5/2016). (Foto : Rizal A.)

Oleh : Rizal Alfa

Penyakit yang datang ketika libur panjang  biasanya disebabkan berlebihan dalam makan dan tidak mengatur  jadwal serta pola makan. Akibatnya, tanpa disadari penyakit pun timbul dan aktivitas pun menjadi terhambat.

Karena melihat hal itu Salman menghadirkan sebuah cek kesehatan gratis dan donor darah, Ahad (8/5/2016). Supaya masyarakat bisa memperhatikan kesehatannya dan  peduli terhadap pola makan baik ketika liburan maupun tidak.

Salman sendiri sudah lama peduli pada kegiatan cek kesehatan gratis dan donor darah. Sebelum Salman Days Out Picnic ini, melalui Salman Health Center, Salman selalu menggelar cek kesehatan gratis dan donor darah di selasar hijau Masjid Salman ITB setiap minggunya.

Pengunjung  pada hari itu bisa melakukan tensi darah, konsultasi kesehatan, cek gula darah, cek asam urat, cek kolesterol tanpa dipungut biaya.

Para pengunjung di area tersebut begitu antusias. Pasalnya, ketika kegiatan tersebut baru dibuka, terlihat orang-orang yang mengantri untuk tes kesehatan. Para lelaki dan wanita separuh baya yang memenuhi area selasar hijau tersebut. Kebanyakan dari mereka mengeluh soal kadar kolesterol.

Antusiasme tak hanya terlihat untuk tes kesehatan saja. Di area donor darah pun terlihat ramai. Mulai dari remaja sampai orang tua terlihat mengantri untuk menunggu giliran. Acara donor darah ini juga bertujuan untuk mengisi stok darah Palang Merah Indonesia (PMI).

“Acara ini bagus, karenanya saya bisa cek kolesterol dan ibu saya bisa cek gula darah. Jadi setelah cek ini saya bisa mengatur pola makan lebih baik lagi,” ujar Adi (40) salah satu pengunjung.

Seperti bulan-bulan sebelumnya, Salman Days Out Picnic merupakan acara bulanan rutin yang berkaitan dengan pelbagai masalah yang sedang dialami oleh masyarakat.

Begitupula dengan tes kesehatan dan donor darah ini adalah serangkaian acara yang selalu hadir dalam perhelatan Salman Days Out Picnic.

Selain itu, acara yang bertemakan “Goody Foody” ini menghadirkan  Bazar Kuliner Sehat dan Food Truck, Workshop Kreasi Salad dan Jus Sayuran Hidroponik, Children Care and Creativity, Gerakan Salman Peduli Lingkungan, Amal Concert  (Bersama Zaki Peniti dan Yansa El-Qarni), Seminar tentang “Optimalisasi Gizi dan Kesehatan Pranikah”  dan terakhir ada Lomba Foto Keluarga. [Ed: Ft]

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s