Stress? Berolahragalah!

manah
pic : entertainmentguide.local.com

OLAHRAGA memiliki posisi penting dan strategis dalam kehidupan era global yang penuh perubahan dan persaingan ketat seperti saat ini. Banyak orang yang hanya fokus bekerja sehingga lupa berolahraga. Akibatnya orang menjadi mudah marah dan stress karena tekanan pekerjaan yang terlalu banyak dan berat.

Pada dasarnya, olahraga adalah semua kegiatan yang sistematis untuk mendorong, membina, serta mengembangkan potensi jasmani, rohani, dan sosial seseorang. Jadi olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik saja, tetapi baik juga untuk kesehatan rohani dan hubungan sosial.

Demikian pentingnya peran olahraga dalam kehidupan sehingga Rasulullah Saw. pun sampai menganjurkan umat Islam untuk berolahraga. Hal ini terekam dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Nasa’i dalam kitab sunannya bab AlKhail no. hadist 3522 yang berbunyi :

olahraga baru jpeg

Dijelaskan bahwa Rasulullah Saw. menganjurkan umat Islam untuk berlatih memanah dan berkuda. Selain hadist anjuran memanah dan berkuda ini, ada juga beberapa hadist yang menyebutkan bahwa Rasulullah Saw. pernah berlomba lari dengan istrinya, Sayyidah Aisyah. Kemudian Rasulullah juga pernah diceritakan memenangkan perlombaan gulat dan tidak melarang orang-orang Habasyah bermain pedang.

Jika diperhatikan bentuk-bentuk olahraga yang disebutkan dalam beberapa riwayat hadist, maka olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw. adalah olahraga yang membutuhkan ketangkasan dan kekuatan sebagai pondasinya. Utamanya adalah bentuk olahraga yang dapat membantu mempertahankan diri dalam kondisi peperangan, seperti berkuda, memanah, dan bermain pedang. Tetapi jika ditelusuri lebih jauh anjuran untuk memanah, berkuda, dan bermain pedang tidak semata-mata untuk kepentingan berperang saja.

Bentuk-bentuk olahraga yang disebutkan dalam hadist tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kekuatan tubuh. Memanah dapat melatih konsentrasi, sedangkan berkuda melatih keseimbangan, dan bermain pedang melatih keberanian. Dari sini dapat dipahami bahwa bentuk-bentuk olahraga yang pernah dianjurkan oleh Rasulullah Saw. hanyalah sarana untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat. Dengan tubuh yang sehat dan kuat, umat Islam dapat membela agamanya, tanah air, dan hak-hak pribadi sehingga tidak mudah dilecehkan.

Hal ini juga didukung oleh hadist riwayat Imam muslim dalam kitab shahihnya bab Al-Qadir no. hadist 4816 yang artinya “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah Subhanahu wa Ta ‘ala daripada orang mukmin yang lemah

Artinya anjuran untuk belajar memanah, naik kuda, dan bentuk-bentuk olahraga yang lainnya pada zaman dahulu bisa dikaitkan dengan kepentingan untuk berperang pada saat itu. Hal ini tidak lepas dari sikap kaum kafir Quraisy yang tidak suka dengan umat Islam sehingga mereka menyerang dan memusuhi Islam. Beragama merupakan hak pribadi manusia yang paling hakiki dan tidak seorang pun berhak mengatur dan mempengaruhinya. Oleh karena itu ketika keimanan umat Islam diganggu oleh kaum kafir Qurays, Allah memerintahkan umat Islam untuk mempertahankan aqidah dan keyakinannya dengan cara membela dari dari gangguan kafir Quraisy.

Olahraga merupakan sarana untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat dengan tujuan untuk membela agama Allah Swt., tanah air, dan hak-hak pribadi. Sebagai sebuah sarana, olahraga apapun bentuknya asalkan hal itu sesuai dan baik maka Islam akan melegalkan dan mengesahkannya sebagaimana Islam melegalkan status dari target yang dituju. Oleh karena itu ideal moral dari hadist anjuran berolahraga ini adalah olahraga yang dapat menguatkan dan menyehatkan badan bukan olahraga atas dasar hawa nafsu, fanatisme buta, balas dendam, pertumpahan darah, dan dominasi kekuasaan. Wallahu a’lam bishowab(Mohammad Hasan)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s