Cinta Lingkungan Jadi Gaya Hidup

DSC_0110
Para pengunjung Salman Days Out Picnic sedang mendengarkan sosialiasi dari pelbagai Komunitas cinta lingkungan, Ahad (10/4). (Foto : Thoriq I.)

Salman Days Out Picnic (Sadop) merupakan agenda bulanan Masjid Salman ITB yang diadakan dalam rangka menyediakan tempat rekreasi sekaligus menambah ilmu kepada masyarakat.

Acara ini mengusung berbagai tema berbeda-beda serta menarik setiap bulannya. Kali ini, Temanya adalah Green Healthy Living : Recycle Attack!. “Dengan tema Green Healthy Living, kita pengen banget mengkampanyekan gaya hidup cinta lingkungan dan sehat kepada masyarakat,” kata Tristia Riskawati , Manajer Bidang Kehumasan Masjid Salamn ITB, Ahad (10/4).

“Sebagai umat muslim kita harus semangat dan gencar dalam mengkampanyekan gaya hidup ini karena ayat-ayat Quran serta sabda Nabi menganjuran kita untuk saling menyayangi sesama makhluk bumi, memanfaatkan lingkungan dengan baik, dan menjaga kesehatan tubuh kita,” ucap Tristia.

Sesuai dengan tema “Recycle Attack!”,  acara ini menghadirkan berbagai komunitas pencinta lingkungan yang melakukan sosialisasi secara langsung kepada para pengunjung. Mengenai  cara-cara mengelola sampah dengan baik, mengolahnya menjadi barang pakai kembali, sampai dengan mengkampanyekan menghindari pemakaian kantong plastik.

Salah satu komunitas yang berkontribusi di acara ini adalah Bandung Clean Action. Mereka adalah komunitas yang memiliki kegiatan rutinan bernama Pungut Sampah. Mereka menawarkan kepada para pengunjung untuk menukarkan sampah yang mereka bawa dengan berbagai hadiah unik.

Hilo Green Community (HGC) juga turut serta meramaikan acara. HGC memiliki banyak gerakan peduli lingkungan yang tujuan utamanya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai bahaya penggunan barang berbahan plastik berlebih.

Gerakan yang dibawa oleh HGC kali ini adalah Reusable Bag Campaign. Kampanye ini mengajak setiap masyarakat untuk memiliki setidaknya satu buah kantong barang bawaan yang terbuat dari bahan daur ulang untuk dipakai terus menerus kedepannya.

Terdapat juga workshop tanaman hidroponik, demonstrasi percobaan sains, konser amal, demo memasak, berbagai wahana permainan mendidik untuk anak-anak, dan stand-stand yang berjualan makanan yang membuat acara ini lebih meriah. (Thoriq I.)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s